05
Oktober 2015

Google merilis data baru yang nisa diakses secara online. Aplikasi terbaru ini dikenal dengan nama "Consumer Barometer".

Menurut data itu, telah terjadi kenaikan sebesar 15 persen penggunaan smartphone di Indonesia dibanding tahun lalu. Hal ini ditunjukkan oleh angka penetrasi smartphone yang mencapai 43 persen dari total populasi di Indonesia.

Kenaikan jumlah pengguna smartphone ini berbanding terbalik dengan angka penggunaan komputer yang hanya 15 persen dari total populasi di Indonesia.

Peningkatan penggunaan smartphone dipengaruhi oleh perubahan perilaku konsumen. Perubahan ini didapat dari data yang mengejutkan bahwa 67 persen pemilik smartphone di Indonesia mengatakan kini mereka berbelanja langsung melalui perangkat selulernya.

"Kini para konsumen menjalani kehidupan secara online, tidak jauh dari sejumlah layar dan perangkat," ujar Simon Kahn, CMO Google Asia-Pacific.

Di situs web www.consumerbarometer.com, para pengguna dapat juga membuat dan mengunduh customised charts untuk mengenali sejumlah pasar baru, mengevaluasi saluran baru, serta mengukur selera konsumen untuk berbagai jenis konten.