Menu Simply Accounting Developer (SA-DEV)

Pembelian pada Aplikasi Keuangan Pengembang

Pesan Pembelian, aplikasi keuangan pengembang menyediakan pesan pembelian yang digunakan untuk pendataan pesan pembelian. Pendataan pesanan pembelian bersifat administratif yang dapat mencatat pesan pembelian baik berupa, material, jasa sub kontraktor, maupun jasa tukang untuk pembuatan rumah.

Gambar Transaksi Pesan pembelian

Pembelian, aplikasi keuangan pengembang menyediakan menu pembelian yang digunakan untuk pembelian baik berbentuk jasa yang menjadi biaya atau item yang disimpan pada persediaan atau kartu stock. Transaksi pembelian dapat menggunakan data pesan pembelian yang sudah diinput. Transaksi pembelian dapat digunakan untuk transaksi pembelian jasa kepada subkontraktor, pembelian tanah,  pembelian material, maupun pembayaran jasa.

Retur Pembelian, merupakan lawan dari transaksi pembelian, yang dapat mengembalikan jasa, atau item yang ada pada persediaan atau kartu stock. Transaksi retur pembelian dapat digunakan utnuk pembayaran hutang kepada vendor/pemasok. Penggunaan retur pembelian pada aplikasi keuangan pengembang untuk pengembalian material, pengembalian tanah, pembatalan kontrak dengan subkontraktor, maupun pembatalan jasa.

Gambar Transaksi Retur Pembelian

Hutang Usaha, Hutang usaha berasal dari transaksi pembelian dengan pembayaran hutang. Pembayaran hutang usaha terhadap vendor atau pemasok dapat menggunakan giro maupun langsung menggunakan kas atau rekening bank. Pada aplikasi keuangan pengembang dapat melakukan pembayaran hutang usaha, dan merekap hutang usaha sesuai periode maupun vendor/pemasok

Persediaan dan Produksi pada Aplikasi Keuangan Pengembang

Pemakaian Barang, pada aplikasi keuangan pengembang transaksi pemakaian barang digunakan untuk pengeluaran item sebagai produksi yang mengurangi stock tetapi tidak menghasilkan barang atau item baru. Pemakaian barang dapat diguanakan sebagai pengeluaran material untuk menjadi fasilitas umum, atau sarana prasarana pada suatu proyek. Transaksi pemakaian barang dapat digunakan untuk alokasi tanah sarana dan prasarana atau fasilitas umum

Gambar Transaksi Pemakaian Barang

Pemindahan (Produksi) Barang, aplikasi keuangan pengembang terdapat transaksi pemindahan barang atau produksi digunakan item sebagai produksi yang menghasilkan item baru. Pemindahan barang biasanya digunakan untuk produksi rumah dari material menjadi bahan rumah dalam proses

Gambar Transaksi Produksi (pemindahan barang)

 

Penjualan dan Boking Unit pada Aplikasi keuangan Pengembang

Pesan Penjualan (Boking Unit), transaksi pesan penjualan (Boking Unit) disediakan oleh Aplikasi keuangan pengembang untuk mendata boking / pesan penjualan untuk mendata boking/ pesanan dari costumer. Boking unit atau pesan penjualan dapat dijadikan dasr sebagaii uang muka yang dibayarkan oleh calon pembeli sehingga dapat merekap

Gambar Transaksi Boking Unit

Penjualan, aplikasi keuangan pengembang menyediakan transaksi penjualan untuk transaksi penjualan unit rumah, kapling atau item lain yang di set untuk dijual. Transaksi penjualan dapat menggunakan metode pembayaran hutang (digunakan untuk akad kredit) dan pembayaran cash digunakan untuk penjualan unit cash

Gambar Transaksi Penjualan dan Akad Kredit

Piutang Usaha, piutang usaha timbul dari transaksi penjualan yang menggunakan metode pembayaran hutang. Transaksi Pembayaran Piutang Usaha pada aplikasi keuangan pengembang  digunakan untuk pembayran piutang usaha atau pencairan dana akad dari BANK dari hasil penjualan unit rumah.

Gambar Transaksi Pembayaran Piutang 

Retur Penjualan, transksi retur penjualan merupakan transaksi pengembalian item penjualan. Retur penjualan merupakan kebalikan dari transaksi penjualan.

Gambar Transaksi Retur Penjualan

 

Transaksi Pembayaran pada Aplikasi Keuangan Pengembang

Pembayaran, transaksi pembayaran atau kas keluar digunakan untuk pembayaran biaya, alokasi akun kas dan setara kas, pembayaran jasa untuk fasilitas umum atau sarana prasarana, untuk pembayaran hutang jangka panjang dan transaksi pembayaran lainya. Transaksi Pembayaran dapat menggunakan menggunakan fasilitas giro keluar.

Gambar Transaksi Pembayaran

Penerimaan, transaksi pernerimaan atau kas masuk digunakan untuk pernerimaan kas seperti penerimaan uang muka dari calon pembeli, penerimaan modal dari pemilik, penerimaan uang atau bank dari hutang jangka panjang, pengalokasian kas, dan transaksi penerimaan lainya. Transaksi penerimaan dapat menggunakan fasilitas giro masuk.

Gambar Transaksi Penerimaan

 

Transaki Keuangan pada Aplikasi Keuangan Pengembang

Jurnal Umum, transaksi jurnal umum pada aplikasi keuangan pengembang diguanakan untuk transaksi yang tidak dapat dihandle oleh transaksi-transaksi jurnal khusus diatas. Transaksi jurnal umum digunakan untuk pendataan nilai asset dan penurunan nilai asset sesai dengan metode perhitunganya.

Gambar Jurnal Umum

Pencairan Giro Masuk, transaksi pencairan giro masuk (piutang giro), pada aplikasi keuangan pengembang, disediakan untuk giro masuk yang berasal dari pembayaran piutang usaha dan transaksi pembayaran (kas masuk). Pencairan giro masuk memindah saldo Piutang Giro yang akan menambah  akun kas dan bank.

Gambar Pencairan Giro Masuk

Pencairan Giro keluar, transaksi pencairan giro keluar (hutang giro), pada aplikasi keuangan pengembang, disediakan untuk giro keluar yang berasal dari pembayaran hutang usaha dan pembayaran (kas keluar). Pencairan giro keluar memindah saldo Hutang Giro yang akan mengurangi akun kas dan bank.

Gambar Pencairan Giro keleuar

 

Laporan Managerial pada Aplikasi Keuangan Pengembang

Laba Rugi Proyek,  berisikan pendapatan, biaya produksi / harga pokok, biaya operasional, pendapatan lain, maupun pengeluaran lain dari masing-masing proyek yang sedang berjalan. Laba rugi proyek mempunyai prinsip yang sama pada laba rugi keuangan, namun pada laba rugi proyek aplikasi keuangan pengembang lebih mengedepankan laba rugi pada masing-masing proyek.

Gambar Laporan Laba Rugi Proyek

Laporan Anggaran dan Realisasi Proyek, merupakan laporan yang berisikan anggaran dan realisasi biaya/pendapatan yang dikelompokan berdasarkan fase dan biaya pada masing masing proyek. Fase dan kode biaya ditentukan oleh pihak managerial perusahaan.  Aplikasi keuangan pengembang menyediakan laporan anggaran dan realisasi proyek lebih untuk bagian Manager Proyek

Gambar Laporan Anggaran dan Realisasi Proyek

 

Laporan Keuangan pada Aplikasi Keuangan Pengembang

Laporan buku besar, pada aplikasi keuangan pengembang dapat dibagi menjadi dua, yaitu laporan buku besar umum, maupun laporan buku besar per proyek Laporan yang berisikan informasi dari pencatatan semua transaksi hasil postingan jurnal untuk periode tertentu.

Gambar Laporan Buku Besar

Laporan neraca berisikan informasi harta (asset), utang atau kewajiban serta modal (capital) pada periode tertentu.

Gambar Laporan Neraca

Laporan Laba Rugi, laporan yang berisi besarnya laba atau rugi yang dihasilkan dari pendapatan dan besarnya pengeluaran yang terjadi pada periode tertentu.

Gambar Laporan Neraca

Laporan Arus Kas, laporan keuangan yang berisikan aliran kas masuk dan kas keluar suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan ini biasanya berisikan mengenai informasi kegiatan operasional (operating activities), investasi (investing activities) dan keuangan (financing activities).

Gambar Laporan Arus Kas

Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal pada perusahaan akibat dari kegiatan pokok operasi perusahaan pada suatu periode akuntansi tertentu.

Gambar Perubahan Modal

 

Baca Juga :

Aplikasi Keuangan Pengembang

Fitur Dan Teknologi

Menu Aplikasi Keuangan Pengembang

You May Also Like

Leave a Reply