Menu Aplikasi Keuangan Usaha Dagang Distributor

A. Pembelian pada Aplikasi Keuangan Usaha Dagang

1. Pesan Pembelian

Aplikasi keuangan usaha dagang menyediakan pesan pembelian yang digunakan untuk pendataan pesanan pembelian. Pendataan pesanan pembelian bersifat administratif yang dapat mencatat pesan pembelian data yang akan dibeli untuk persediaan.

Gambar Transaksi Pesan pembelian

2. Pembelian

Aplikasi keuangan usaha dagang menyediakan menu pembelian yang digunakan untuk pembelian untuk pada persediaan atau kartu stock. Transaksi pembelian dapat menggunakan data pesan pembelian yang sudah diinput. Transaksi pembelian dapat digunakan untuk transaksi pembelian barang yang nantinya akan dijual.

Gambar Transaksi Pembelian

3. Retur Pembelian

Retur pembelian merupakan lawan dari transaksi pembelian, yang dapat mengembalikan jasa, atau item yang ada pada persediaan atau kartu stock. Transaksi retur pembelian dapat digunakan utnuk pembayaran hutang kepada vendor/pemasok. Penggunaan retur pembelian pada aplikasi keuangan untuk usaha dagang untuk pengembalian barang rusak.

Gambar Transkasi Retur Pembelian

4. Hutang Usaha

Hutan Usaha berasal dari transaksi pembelian dengan pembayaran hutang. Pembayaran hutang usaha terhadap vendor atau pemasok dapat menggunakan giro maupun langsung menggunakan kas atau rekening bank. Pada aplikasi keuangan usaha dagang dapat melakukan pembayaran hutang usaha, dan merekap hutang usaha sesuai periode maupun vendor/pemasok

Gambar Transaksi Hutang Usaha

 

B. Persediaan dan Stock Opname  pada Aplikasi Keuangan Usaha Dagang

1. Penyesuaian Barang

Pada aplikasi keuangan usaha dagang transaksi pemakaian barang digunakan untuk pengeluaran item sebagai stock opname apabila ada barang lebih, rusak maupun berkurang. Transaksi penyesuaian barang / stock opname akan menghasilkan biaya yang dapat disesuaikan dengan akun yang ada.

Gambar Transaksi Pemakaian Barang

2. Pemindahan Barang

Aplikasi keuangan usaha dagang terdapat transaksi pemindahan barang untuk memindahkan barang dari gudang satu ke gudang yang lain.

Gambar Transaksi Pemindahan barang

 

C. Penjualan pada Aplikasi Keuangan Usaha Dagang

1. Pesan Penjualan

Transaksi pesan penjualan disediakan oleh Aplikasi Keuangan Usaha Dagang untuk mendata pesan penjualan yang dipesan oleh pelanggan. Pesan penjualan hanya besifat administratif tidak membentuk jurnal.

Gambar Transaksi Pesan Penjualan

2. Penjualan 

Aplikasi Keuangan Usaha Dagang menyediakan transaksi penjualan untuk transaksi penjualan untuk menjual barang ke pelanggan. Transaksi penjualan dapat menggunakan metode pembayaran hutang dan pembayaran cash.

Gambar Transaksi Penjualan

3. Piutang Usaha

Piutang usaha timbul dari transaksi penjualan yang menggunakan metode pembayaran hutang. Transaksi pembayaran piutang usaha dapat menggunakan giro

Gambar Transaksi Pembayaran Piutang Usaha

4. Retur Penjualan

merupakan transaksi pengembalian item penjualan. Retur penjualan merupakan kebalikan dari transaksi penjualan.

Gambar Transaksi Retur Penjualan

D. Transaksi Pembayaran pada Aplikasi Keuangan Usaha Dagang

1. Pembayaran

Transaksi pembayaran atau kas keluar digunakan untuk pembayaran biaya, alokasi akun kas dan setara kas untuk pembayaran hutang jangka panjang dan transaksi pembayaran lainya. Transaksi Pembayaran dapat menggunakan menggunakan fasilitas giro keluar.

Gambar Transaksi Pembayaran

2. Penerimaan

Transaksi pernerimaan atau kas masuk digunakan untuk pernerimaan kas seperti penerimaan uang muka dari calon pembeli, penerimaan modal dari pemilik, penerimaan uang atau bank dari hutang jangka panjang, pengalokasian kas, dan transaksi penerimaan lainya. Transaksi penerimaan dapat menggunakan fasilitas giro masuk.

Gambar Transaksi Penerimaan

 

E. Transaki Keuangan pada Aplikasi Keuangan Usaha Dagang

1. Jurnal Umum

Transaksi jurnal umum pada aplikasi keuangan usaha dagang  diguanakan untuk transaksi yang tidak dapat dihandle oleh transaksi-transaksi jurnal khusus diatas. Transaksi jurnal umum digunakan untuk pendataan nilai asset dan penurunan nilai asset sesai dengan metode perhitunganya.

Gambar Jurnal Umum

2. Pencairan Giro Masuk

Transaksi pencairan giro masuk (piutang giro), pada aplikasi keuangan usaha dagang, disediakan untuk giro masuk yang berasal dari pembayaran piutang usaha dan transaksi pembayaran (kas masuk). Pencairan giro masuk memindah saldo Piutang Giro yang akan menambah  akun kas dan bank.

Gambar Pencairan Giro Masuk

3. Pencairan Giro keluar

Transaksi pencairan giro keluar (hutang giro), pada aplikasi keuangan usaha dagang, disediakan untuk giro keluar yang berasal dari pembayaran hutang usaha dan pembayaran (kas keluar). Pencairan giro keluar memindah saldo Hutang Giro yang akan mengurangi akun kas dan bank.

Gambar Pencairan Giro keluar

 

F. Laporan 

1. Laporan Persediaan

Menu ini digunakan untuk merekap jumlah persediaan beserta dengan nilai persediaan sesuai dengan metode perhitungan harga pokok yang digunakan masing-masing item barang. Laporan dapat dikelompokan sesuai kelompok barang, merek barang, dangudang.

2. Laporan Buku Besar

Laporan Buku Besar berisi informasi dari pencatatan semua transaksi hasil postingan jurnal untuk periode tertentu.

3. Laporan Neraca

Laporan Neraca berisikan informasi harta (asset), utang atau kewajiban serta modal (capital) pada periode tertentu.

4. Laporan Laba Rugi

laporan yang berisi besarnya laba atau rugi yang dihasilkan dari pendapatan dan besarnya pengeluaran yang terjadi pada periode tertentu.

5. Laporan Arus Kas

Laporan Keuangan yang berisikan aliran kas masuk dan kas keluar suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan ini biasanya berisikan mengenai informasi kegiatan operasional (operating activities), investasi (investing activities) dan keuangan (financing activities)

6. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal pada perusahaan akibat dari kegiatan pokok operasi perusahaan pada suatu periode akuntansi tertentu.

Menu Aplikasi Keuangan Usaha Dagang

You May Also Like

Leave a Reply